Sabtu, 26 Januari 2019

Teks Debat


Tema : APAKAH INDONESIA SUDAH MAJU ?

Debat ini terbagi menjadi kelompok pro dan kontra
Di awali dengan pembukaan dan sbg nya

Pro : menurut saya, indonesia sudah maju, dengan adanya bantuan pemerintahan seperti raskin, bantuan kesehatan secara gratis dan masih banyak lagi

Kontra : saya tidak setuju dengan pendapat kelompok pro, menurut saya indonesia belum maju, karena jika indonesia sudah maju, rakyat tidak memerlukan bantuan negara, rakyat sudah bisa membeli makanan layak bergizi dengan sendirinya, bukan bantuan dari pemerintah

Pro : saya akan menanggapi pernyataan dari kelompok kontra, memang warga indonesia masih banyak yang miskin, tapi inilah cara pemerintah untuk meyejahterakan rakyatnya. Untuk apalagi kan ? fungsi negara ini untuk menyejahterakan rakyatnya, indonesia tidak bisa langsung sukses, indonesia juga butuh proses untuk menuai kesuksesan

Kontra : saya igin menanggapi pendapat dari kelompok pro, memang indonesia masih dalam proses, dan masih bertahap untuk menuai kesuksesan, tetapi ketika saya bandingkan dengan negara lain yang tak jauh berbeda hari kemerdekaanya mereka sekarang sudah jauh lebih sukses, kenapa indonesia sampai sekarang masih dalam tahap berkembang ? padahal negara yang umur kemerdekaanya tak jauh beda dengan kita sudah jauh lebih maju ?

Pro : saya ingin menjawab pertanyaan dari kelompok kontra, jadi kenapa indonesia masih dalam tahap perkembangan ? jawabanya karena sumber daya manusia yang tidak memadai di indonesia, di luar negeri sumber daya manusia yang sangat memadai itulah salah satu kunci mereka maju

Kontra : saya ingin menanggapi jawaban dari kelompok pro, memang sumber daya manusia di indonesia kurang memadai, bagaimana dengan sumber daya alam yang begitu luas ? bahkan menurut penelitian jika kekayaan lautnya saja indonesia dapat memberdayai seluruh rakyat indonesia, namun kenapa masih banyak yang kelaparan ?

Pro : saya ingin menjawab pertanyaan dari kelompok kontra, itu dia letak masalahnya karena sumber daya manusia yang kurang, indonesia masih belum bisa memanfaatkanya dengan baik.

Moderator : oke baik, kita akhiri debat kali ini sampai sini saja, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun secara lisan
Sumber : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=891869070845553&id=780249432007518

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda